#NoPoo aka #NoShampoo

Pake shampo merk lain? HAHAHAHA *tawa palsu ala Anggun*

Begitulah kondisi gw saat bertahun tahun harus pake shampo keluaran dokter kulit. Dokter bilang, jerawat di punggung gw karena ngga cocok sama shampo yang beredar di pasaran. Jadilah gw udah ngga ngikutin lagi trend shampo pabrikan, dan setia pake shampo buatan dokter kulit.

Sebenernya gw love & hate relationship sih sm shampo dari dokter kulit itu. Satu sisi, jerawat di punggung memang nyata adanya jadi hilang. Tapi shampo itu juga bikin rambut gw makin kering & rontok. Padahal bukan shampo yang berbusa alias full of detergen juga modelnya.

Nah, berhubung gw udah bukan di usia yang masih jerawatan di punggung, gw berencana untuk stop pemakaian shamponya. Lagian gw kayanya udah kebal saking ketergantungan, tapi juga males sih pake shampo pabrikan yang banyak bahan kimia. Bahkan shampo yang diklaim berbahan alami atau herbal juga bikin rontok gw makin parah.

Eh pas banget gw nemu blog klirianeh.com yang ngebahas NoPoo ini. Setelah gw baca dengan seksama, sebetulnya banyak sih bahan alternatif pengganti shampo. Mulai dari lidah buaya, jus lemon sampe lerak. Tapi setelah menimbang & piki2, akhirnya gw putuskan buat pake bahan ini buat mandi basah ๐Ÿ˜™.

#NoPoo = #NoShampoo

1. Baking Soda as Cleansing

Biarpun Baking Soda bisa dikonsumsi, namun karena sifatnya yang ‘keras’ (bisa digunakan untuk mengangkat noda & kerak) akhirnya takarannya gw kurangin. Yang mestinya 1-2 sdt dicampur ke segelas air, gw hanya pakai 1/2 sdt dilarutkan di segelas air. Abis diguyur ke kulit kepala, tunggu sampai 3 menit sebelum dibilas hingga bersih.

2. Apple Cider Vinegar (ACV) as Conditioning

Gw pilih karena manfaatnya banyak. Selain buat rambut, juga bisa dipakai sebagai toner muka. Cara pakainya cukup tuang secukupnya ke dalam gelas, lalu usapkan pada rambut & ujung rambut. Diamkan sejenak lalu bilas.

Hasilnya?

– Setelah keramas rambut tetap lembab, mungkin karena minyak rambut yang menyehatkan itu tidak hilang. Bagi sebagian orang sih nganggepnya lepek, tapi buat gw yg rambutnya kering malah suka. Apalagi gw berhijab yg jelas ketutup.

– Kerontokan berkurang drastis. YEAY!

Minus?

– Baunya aduhai semlohai. Ya bayangin aja cuka dibanjur di rambut lo. Malah banyak orang yang pake ACV buat toner or conditioner tanpa dibilas! Padahal udah dibilas pun baunya tetep nempel lho.

– Sedikit repot nyiapin & nuang2 kalo mau keramas. Tapi ngga masyalah ya demi rambut sehat tanpa zat kimia berlebihan.

Sepertinya gw akan tetap lanjut #NoPoo ini selama ngga ada keluhan. Selain bahan yang gw beli harus diabisin, gw juga clueless sama shampo pabrikan. Nanti mungkin akan gw posting lagi efek & manfaat #NoPoo ini dalam jangka panjang. Doain istiqomah yaaaa….

Note: ACV selain buat pemakaian luar, juga bagus diminum secara rutin buat kesehatan. Diantaranya ada juga merk merk lokal yang sudah berlogo Halal. Kalo yang merk ini sih masih suka colongan gw minum ๐Ÿ˜‚. ACV bisa dibeli di apotik atau supermarket terdekat di kota anda. 

When Lemon Gives You Life

Ritual minum perasaan lemon setelah bangun tidur adalah hal yang penting buat saya. Selain bikin perasaan โ€˜amanโ€™ karena at least sudah mengkonsumsi buah, perut jadi enteng, menjaga kelangsingan tubuh, dan jarang kena flu.

www.ilivedonce.wordpress.com

Sayangnya ngga tiap hari kita bisa nemuin jeruk lemon lokal, mentok2 saya beli lemon impor China. Tapi seringnya sih saya ganti dengan Jeniper (Jeruk Nipis Peras).

Jeruk nipis emang lebih seru sih, karena lebih asam ketimbang lemon. Namun tetap saja saya tidak menambahkan air putih sama sekali di rutinitas ini. Jadi ini pure perasaan jeruk, nah setelah nenggak โ€˜one shotโ€™ itu baru deh saya minum air putih sebanyak banyaknya.

Kecuali memang sengaja untuk minuman ringan, saya juga suka bikin pitcher air lemon atau Lemon tea yang seger banget diminum dingin2.

I love lemonade!

I love lemonade!

Kecintan saya akan lemon dan jeruk nipis bukan Cuma karena itu. Tapi mereka juga sering saya manfaatkan untuk merawat kulit. Jadi setelah jeruknya saya peras untuk diminum, sisa buahnya langsung saya usapkan ke muka. Tunggu kering, baru deh dibilas. Hey, hasilnya kulit jadi lebih terang lho! Cara yang sama juga bisa digunakan untuk mencerahkan bagian tubuh yang gelap such as selangkangan.

Bahan alami pencerah kulit

Bahan alami pencerah kulit

Kalo ada waktu lebih, saya sengaja gunakan satu buah lemon/jeruk untuk full face & body. Jadi diperas seperti biasa, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dan madu. Manfaatnya, selain mencerahkan kulit juga memberi nutrisi kelembaban buat kulit. Bahkan kadang saya mengoleskan juga ke rambut. Mari dicoba, kakaaaaaak……..