Cooking Is Magical

Betul buibu?

Kalo saya sih Yes, ngga tau Mas Anang. #lawas

Kenapa bisa dibilang mejikel? Karena sering banget pas di tengah eksekusi masak, udah kebayang kalo bakal sukses. Eeeh hasilnya malah kurang ens.

Kadang malah kebalikannya, pas lagi proses masak berasa bumbu ini kurang/kebanyakan, atau bahan yang kurang seger bakal bikin masakan kurang enak. Eh ngga taunya endess aja gitu!

Ehm, magical atau amatiran emang beda tipis sih… 😂

Contohnya seperti kejadian kemarin. Udah lama banget saya penasaran sama olahan bahan kecombrang/honje/bongkot. Browsing sana sini akhirnya nemu lah resep ayam suwir. Tapi berhubung saat itu saya belanja ikan tuna akhirnya bahan utamanya saya ganti. 

Di resep ditulis kalau perpaduan kencur & kecombrang akan menghasilkan rasa yang eksotis. Nah, begitu bumbu mulai saya tumis, saya malah mengkhawatirkan aroma kencur yang kuat. Secara saya ngga suka (Say no to nasi tutug), apalagi suami yang anti rempah berbau tajam karena mengingatkan dia akan jamu.

Aromanya sih menggoda sekali ya, mirip bumbu urap. Ternyata masakan Bali yang kelihatannya ribet bumbunya sejenis yes? Oke, icip icip tes rasa. Semua pas, nah begitu kecombrang masuk. Hiks, ternyata kita ngga suka sama bau khasnya. Asli, kalau ngga pake malah jadinya enak banget pasti tuh.

Akhirnya karena ngga habis, saya olah lagi tuh tuna suwir jadi sop tuna. Dan besokannya karena masih sisa, saya saring dan dioseng lagi pake sambal hijau #rauwisuwis #sisaanception

Berhubung kecombrangnya masih ada sebatang, akhirnya saya bawa aja ke rumah Ibu. Barangkali mau dibikin sambal matah bareng tetangga.

Bye Bye Kecombrang!

Semangat 2017 untuk masak yang lebih eksperimental lagi!

Leave a Reply

