Ini Cerita Ramadhanku, Kamu?

Hari ini kita memasuki puasa ke 15. Sebelum puasa dimulai, kondisi badan saya lumayan seger (baca:gendut). Mungkin karena akhir akhir ini saya jarang jalan kaki. Btw, jalan kaki buat saya bukan sekedar olahraga lho, tp juga relaksasi. Kl lagi stress, saya sering banget ngelakuin ‘Walking Therapy’, yaitu jalan kaki ke tempat yang kanan kiri bisa diliat. Ngga usah jauh jauh juga sih, dulu waktu masih berkantor di Kelapa Gading suka banget jalan kaki di Jl. Paus rawamangun yang kanan kirinya berjajar warung tenda 🙂

Meski badan membesar, tapi ngga bikin galau sih, karena tau kalo puasa pasti berat badan saya otomatis turun.

Gimana ngga? Begitu Maghrib saya langsung makan besar, dan ngga makan apa apa lagi sampe nanti sahur. Belum lagi olahraga yang masih dijalanin seperti biasa.

Tapi Ramadhan kali ini ada percobaan yang saya lakukan. Bermula dari status SocMed teman saya yang melaporkan menu sahurnya yang hanya berupa buah buahan dan air putih ke pakar Food Combining. Setelah baca baca penjelasannya, si maniak gaya hidup sehat ini pun penasaran pengen nyoba. Eng Ing Engggggg………

Jadilah saya mampir ke pasar tradisional buat belanja buah. Percobaan pertama dengan jambu biji merah, strawberry dan pisang. Hari pertama saya sempat mikir ini ide yang buruk, karena sempet ngerasain laper berat dan lemas. Tapi karena stok buah masih banyak, akhirnya lanjut di hari ke 2. Sebetulnya udah berasa enakan sih, nyaris ringan malah jalanin puasanya.

Nah begitu hari ke 3 karena stok buah habis, saya kembali sahur dengan makan besar. Dan semakin terpampang nyata perbedaannya. Mulai dari adzan subuh yang udh berasa laper berat, perut berasa ‘penuh’ sampai kondisi tubuh yang jadi lemas.

Sejak itu saya memutuskan, hanya makan besar saat sahur di saat weekend. Iya dong, kalo 3 minggu full makan buah aja bisa kesaing atuh Miranda Kerr :p

Kalo mau lebay sih perumpamaan orang yang makan besar pas sahur tuh kaya orang yang lagi cuti liburan, tapi masih ditelponin soal kerjaan. Beda halnya, kalo cuma makan buah. Cutinya ngga diganggu sedikit pun sama kerjaan *curcolalert.

Analoginya kan mirip lah sama proses pencernaan kita yang ‘beristirahat’ saat puasa, nah kalo sahur hanya dengan buah kan kerjanya jadi lebih ringan hehehe sotoy.com

Untuk aturannya sih ngga ada yang baku ya. Pokoknya usahakan lebih dari 2 macam, dan punya jenis warna yang berbeda.

Idealnya sih perpaduan buah yang ‘padat’ dengan buah yang mengandung banyak air.

peuf_20130718_9

Menu sahur 2013

Guilty pleasure.....cocolin garam cabe

Guilty pleasure…..cocolin garam cabe

Buah potong + plain yoghurt

Buah potong + plain yoghurt

Silahkan dicoba dan rasakan hasilnya.

Selamat menunaikan ibadah puasa ya!

 

 

Leave a Reply

