Not All Hero Wears Cape

Jaman SMA, ada 2 mata pelajaran yang dari awal saya masuk sampe lulus, ngga ada satu pun yang dimengerti. Yaitu Akuntansi & Kimia. Kalo Kimia sih alesannya karena dulu dapet guru magang yang text book banget dan ngebosenin. Kalo Akuntansi kayanya karena emang dari dulu saya ngga suka kepo urusan (pengeluaran & pemasukan) orang lain 😀


Nah, waktu itu ujian nasional Kimia berlangsung di hari ketiga/kedua gitu. Siang sebelumnya, setelah Ujian terakhir selesai, ND nyamperin saya dengan gelagat misterius karena nunggu agak sepi. Dia nyodorin kertas sambil bilang “Dik, ini dari X (temen SMP kita yang lanjut ke STM). Tapi ini cuma buat kita berdua aja ya”.


Lihat kertasnya sekilas kaya lembaran soal, yang dengan takut langsung saya masukin ke tas. Asli deg deg-an banget. Inget temen SD yang dulu di sidang sekolah, karena ketahuan dapet bocoran soal dari ibunya yang guru.


Sampe rumah baru berani keluarin & ngecek, rupanya ada 1 lembar yang ngga ada. Waktu itu sih sempet suudzon, mengira ND mau jegal langkah saya masuk Teknik ITB (Haiizzz..mon maap mbanya harap putar balik. Halunya kelewatan!).


Nah kelar ujian, entah si guru magang ini kesel sama hasilnya, atau sengaja ngabisin jam pelajaran dengan hal unfaedah #eh, beliau berinisiatif ngumumin hasil nilai ujian masing2 murid. Pas disebut nama saya nilainya….6. Nah kebayang kan gublunya, udah dapet bocoran nilai cuma 6 wkwkwk. Tapi ternyata satu kelas itu yang dapet nilai diatas 5 cuma hitungan jari. Malah temen sebangku saya cuma dapet 2,5 yang bikin saya jadi sedikit merasa bersalah.


Demikianlah kisah skandal ((SKANDAL)) saya dengan bocoran soal yang terjadi di jaman SMA. Oya, di lembaran soal Kimia itu rupanya ada tulisan si pengirim (X) yang isinya gini; “ND, nanti lo kasih Dika juga ya. Soalnya dia pernah nolongin gue” [aww….malu bgt]. 

Walaupun seinget saya ngga pernah kasih pertolongan apa pun ke X, tapi sampe detik ini juga belum ngucapin makasih ke orangnya, si pahlawan tanpa jubah versi on the spot. Si ND sendiri diingetin malah lupa sama kejadian ini ZzZ.


Ps: No judge, please! I was just an innocent teenage girl back then.
(Netizen: inosen mbahmuuuu)

Tahun Baru Bikin Parno

Tahun 2020 belum genap 1 bulan, tapi Hamdalah ada aja kejadian yang bikin luka di sekujur badan. Ada yang kena tajem di bagian ember, kebeset kaca (waktu kejadian ampe lemes + keringet dingin), ada lagi luka di kedua lutut yang ngga lolos sensor tayang, gegara jatuh pas rumah lagi di renov.


Tapi di lubuk hati yang paling dalam, diam2 saya mengucapkan syukur awal tahun dapet banyak cobaan dan teguran. Flashback di awal 2019, ngga biasanya berasa optimis banget. Padahal biasanya lempeng dot com ngadepin tahun baru, apalagi situasi ekonomi lagi ngga bagus. Eh mendadak bulan Februari ditinggal Bokap selamanya. Itu tuh rasanya kaya elo diangkat tinggi tinggi trus dijeblosin ke jurang (KRAAAAYY).


Makanya selalu parno dan trauma ngelewatin Tahun Baru. Ibaratnya, udah ngga lagi sama. Malah seneng kalo dapat pait di awal, berharap semoga manis di depan dan akhir. Ada Aamiin disini?

Ps: Saat tulisan ini dibuat, penulis sedang merasa khawatir akan virus Corona. Nun jauh di Wuhan sana, situasinya mirip film Holywood yang kita tonton. Semoga kita semua diberi kesehatan dan wabah virus cepat teratasi.

Edisi Halu

Jadi tahun ini kan gw lumayan sering lewatin Jalan Tol Trans Jawa. Selain karena Tahun 2019 ini Bokap meninggal dunia, dan dimakamkan di Karanganyar. Lagipula kita punya usaha keluarga di daerah Solo yang masih perlu diurus.

Biasanya pulang emang larut malem, krn kita tipe ngga mau rugi jd sebelum ke Jakarta mampir dulu ke kota sekitarnya. Maklum, biaya tol & bensinnya lumayan (sekitar 1,5jt pp), jadi kudu dimanfaatin semaksimal mungkin.

Nah Jalan Tolnya sih biar semalem apapun tetep rame, kayanya seinget gw cuma sepi waktu awal2 dibuka. Tapi yang aneh, gw beberapa kali liat orang yang out of no where ada di pinggir jalan tol itu. Fyi, Jalan Tol Trans Jawa itu jauh dari permukiman dan puanjaaaaang bgt.
Pernah liat orang serba putih diem mematung aja di pinggir jalan, ada juga Bapak2 pake Jas hitam rapi bawa koper malem2 jalan dengan mantap. Maksudnya, kl lo butuh pertolongan pasti ada celingak celinguk dikit lah. Dan di sekitarnya ngga ada mobil yang berhenti.
Terakhir, sekitar jam 21.30 gw liat rombongan orang nyoba nyetop bis. T tapi mereka semua ada di sisi kanan. Anehnya suami gw yg nyetir di kanan ngga lihat sama sekali. Dan again, ngga ada Mobil atau Bis yang berhenti di sekitarnya.

Biarpun agak di luar logika kalo dipikir, gw sih masih yakin yang gw lihat orang beneran. Karena selama ini emang ngga pernah liat yg aneh2. Lagian yg gw liat penampakannya beneran manusia normal dan ngga ada yang serem. Malah gw masih inget tampang si Bapak dan Anak Muda yang ngelambain tangan buat nyetop Bis.

Ngga salah emang kl lagi di perjalanan kudu banyakin Istighfar dan Shalawat.

Tips Financial Untuk Fresh Graduate

Disclaimer: Tulisan ini saya kirim sebagai bahan portfolio untuk lowongan freelance Content Writer. Wish me luck!

Apakah anda baru akan menerima gaji pertama bulan depan? Bagaimana cara anda menghabiskan gaji yang diterima tiap bulannya?

Berikut adalah hal yang saya lakukan dan tidak saya lakukan saat mulai bekerja. Niatnya hanya ingin berbagi pengalaman agar kaum muda masih punya investasi di tengah gempuran godaan kuliner dan liburan.

1. Fokus Pada Investasi Jangka Panjang
Anda masih muda dan produktif, untuk keamanan keuangan di masa dewasa dan tua nanti, mulailah investasi jangka panjang. Jangan mudah silau akan godaan sesaat di depan mata. Tidak selamanya anda akan sehat dan memiliki waktu untuk bekerja. Seperti halnya mengurus anak setelah menikah, atau orang tua yang sakit.

2. Tidak Perlu Asuransi Berlebih.
Jangan mudah terkena rayuan para Agen Asuransi, pelajari lebih dulu kontrak dan klausulnya. Selalu pisahkan Asuransi dengan Investasi. Pilih hanya Asuransi dengan manfaat yang memang anda butuhkan. Jika gaya hidup anda sehat, BPJS sudah cukup. Jika ingin membeli Asuransi Kesehatan tambahan, pastikan jika diperbolehkan Double Claim. Dan bila anda belum memiliki tanggungan (tidak akan ada yang mati kelaparan bila anda meninggal), maka anda tidak perlu memiliki Asuransi Jiwa. Lebih baik gunakan saja Uang Preminya untuk liburan dan kuliner.

3. Sedikit Tapi Rutin Lebih Baik
Mulailah dengan jumlah yang aman dan bisa anda bayarkan tiap bulan. Naikkan jumlahnya seiring dengan kenaikan pendapatan. Anggap saja anda sedang membayar ‘Biaya Administrasi’ lalu lihat hasilnya 5 tahun kemudian. Waktu sangat berharga dalam hal investasi. Semakin cepat anda memulai, makin besar peluang hasil yang bisa didapat.

4. Emas & Reksadana Saham
Jenis investasi Jangka Panjang yang harus diupayakan untuk dimiliki selagi muda usia adalah Emas & Reksadana Saham. 2 hal tersebut akan menolong hidupmu kelak. Jangan terlalu risau dengan penurunan tiap tahun, karena ini adalah investasi jangka panjang, Emas & Reksadana Saham akan mampu melawan inflasi. Tetap lakukan evaluasi mengenai pengelola Reksadana Terbaik tiap tahunnya.

5. Bisnis & Properti
Walaupun aset ini tidak didapat secara instan, namun setidaknya mulailah bepikir, bisnis dan properti semacam apa yang anda inginkan kelak.

Michelle dan RCTI

Kalau di Solo ada Dhika Bakery, di Cibubur ada Michelle Bakery. Yang sepertinya toko kue dengan gedung paling tinggi dan mewah yang saya pernah lihat.

Tapi disini kita ngga akan bahas Bakery-nya ya. Tapi ingatan saya langsung melayang jauh begitu membaca nama Michelle.

Saya ingat betul, Michelle adalah nama yang sempat saya pilih jaman dulu menggantikan nama asli. Sampe kalau ada anak tetangga yang mau main ke rumah, ngga akan saya bukain pagar kalau nama Michelle belum disebut 😂.

Rupanya pemilihan nama Michelle ada sejarahnya, dan mungkin inilah yang disebut Shock Culture. Jadi nama itu terpilih ngga lama setelah Stasiun TV RCTI membebaskan layanan decodernya (millenials cant relate).

Saya yang terbiasa dengan TVRI dan nama nama lokal seperti Cahyo, Melan, Gepeng, Sri, seketika dihadapkan tontonan dengan nama Kelly, Michael, Richard dan Michelle tentunya. Di telinga kecil saya entah kenapa nama nama asing itu keren banget, sampe kalau bisa ganti nama mungkin saya bakal pilih nama bule.

Untunglah orangtua saya yang Jawa asli dan ngga neko neko tidak mendukung keinginan itu. Jadilah panggilan itu hanya bertahan beberapa minggu saja hehehe.

Kalau kamu, Shock Culture atau Gegar Budaya apa yang pernah dialami sepanjang hidup?

Liburan Akhir Tahun 2018 Bag. 2 (Lampung-Bukittinggi- Palembang)

Nah, ini adalah alasan mengapa saya dan suami balik duluan ke Jakarta. Karena lagi lagi kami akan tes mobil baru Ipar dari Suami keliling Sumatera. Ya kalo tahun 2018 kakak & kakak ipar punya mobil baru, semoga 2019 giliran kita. Ada Aamiin disini?

Jadi, kalau keluarga Kakak Suami tidak ada rencana Pulang Kampung, kami berencana baru akan balik ke Jakarta setelah Tahun Baru. Kenyataannya, jam 07.30 pagi kami tiba di Terminal Pulogebang dari Malang, packing lagi dan beberes sebentar, berangkat ke rumah Ipar di Jatiasih, untuk kemudian lanjut ke Merak sehabis Jumatan menuju Bukittinggi.

Hari 1 (Jumat, 28 Des 2018)

Berhubung saat itu Gunung Krakatau dan Tsunami masih jadi isu hangat, kami berencana menyeberang kapal sebelum gelap.

Tarif Penyebrangan Ferry Merak – Bakauheni 2018

Kapal masih ramai seperti musim Liburan biasa. Sayangnya saat berangkat kami dapat kapal yang tidak terlalu bagus dan sudah tua. Ruang VIP tidak terasa dingin, sehingga kami pilih duduk di bangku biasa. Apesnya lagi, ada hiburan Dangdut yang hingar bingar tanpa keahlian suara yang mumpuni. Beberapa penyanyinya malah memaksa pengunjung lelaki untuk karaoke sekaligus nyawer. Kalau boleh usul, yang seperti ini lebih baik dihapus saja. Karena bikin penumpang lain ngga nyaman, dan banyak anak kecil yang menyaksikan.

Perjalanan cukup lancar, walau sesekali ayunan ombak kami rasakan. Sesampainya di Lampung, kami bergegas ke RM Begadang V untuk makan malam.

Ayam Goreng Talua yang tersohor

Kalo ke Lampung, suami pasti ngga bakal absen makan Ayam Goreng Telur ini. Sebenarnya ini hanya Ayam Goreng ungkep, yang sebelum digoreng dibalut kocokan telur. Tapi ada rasa jejak gurih khas yang bikin istimewa.

Hari 2 (Sabtu, 29 Des 2018)

Masih di jalan, dan sejujurnya hamba yang orang Jawa udah berasa kapok! Kaki bengkak, muka kucel, badan pliket campur aroma 7 rupa belom sampe juga. Berhubung tempat makan sedapetnya dan ngga ada yang istimewa, jadi ngga saya masukin ke Blog.

Inget ya, usahakan dalam sehari itu makan minimal satu jenis makanan mentah. It’s good for your healthy 🙂

Sempet makan di RM Palembang, dan seneng banget nemu lalapan mentah. Secara mostly makan di RM Padang yang minim sayur

Hari 3 (Minggu, 30 Des 2018)

Akhirnya kita hampir memasuki wilayah Padang, sempat singgah makan dulu di RM Gunung Medan.

Umega Group ini salah satu tempat makan pemberhentian Bus Lintas Sumatera. Ngga heran walaupun larut malam masih tetap ramai.

Akhirnya sampe juga di Kampung Suami; Desa Surau Gadang

Setelah beristirahat, kami lalu sarapan di Kedai Nasi Ni Ir, yang sudah ramai sebelum jam makan siang.

Kedai ini spesialis Talua Barendo, Telur Dadar Padang yang digoreng dalam minyak banyak dan panas, sehingga menghasilkan pinggiran telor keriting bak renda.

Penampakan Talua Barendo. Saya pribadi sih lebih suka Dadar yang tebel ginuk ginuk. Yang ini nyaris udah ngga ada telornya lagi 😦

Sempet ngintip dapurnya & liat proses pembuatan Telor Berenda

3 piring ini the bestnya. Sambal hijau pake bawang merah segar, Pepaya Jepang rebus & Jengkol Balado

Sejujurnya, cuma di Sumatera Barat saya makan Jengkol. Karena Jengkol disini tuh enak, bebas langu, dan beneran kaya makan kentang versi ‘padet’. Tapi dari semua Jengkol yang saya makan selama disini, Jengkol di Ni Ir yang terbaik.

Kemudian kami mengunjungi tempat wisata pertama, Taman Panorama & Lobang Jepang.

Harga Karcis Taman Panorama & Lobang Jepang 2018

8 atau 9 tahun lalu pertama kesini pagi banget, dan menjumpai banyak Monyet berkeliaran. Hari ini ngga satu pun yang nampak

Buat yang mau ke Taman Panorama & Lobang Jepang, Bukittinggi, periksa lebih teliti lagi ya karcisnya. Jangan mau kalau dapet karcis bekas, dan harus langsung tukar atau minta yang baru.

Setelah menjelajah Goa Jepang, kami menuju ke Ngarai Sianok.

Sempet beli Kepiting Goreng disini. Bumbunya enak!

Makan malam kami di Nasi Goreng Indah Sari, Simpang Bukik.

Walaupun rame dengan orang lokal, entah kenapa di lidah saya masakan disini agak hambar. Dan saya kurang suka tekstur Mie nya yang besar.

Hari 4 (Senin, 31 Des 2018)

Brunch hari ini Pongek Situjuah, Payakumbuh. Rumah makan yang luas dan ramai ini terkenal dengan Ikan Bakarnya.

Percayalah, ngga ada lagi Ikan Bakar dengan bumbu enak seperti ini

Disediakan Kalender gratis buat pengunjung

Sehabis makan, lalu kita menuju Kelok 9 untuk berfoto.

Setelah itu kita lanjut ke Harau. Sebenarnya saya malas mengulas soal ini, karena Harau yang sekarang menurut saya malah jadi semrawut. Dipenuhi banyak spot spot selfie yang justru merusak keindahan alamnya. Bahkan, saya sempat melihat ada penyewaan kostum Korea lengkap dengan background khas winter. Err..

Di sosmed juga banyak yang menyayangkan hal ini sih, tapi konon kabarnya lahan tsb adalah properti pribadi.

Saya amati di Sumatera Barat banyak tempat wisata baru yang menjual spot Instagramable. Mungkin eranya memang seperti ini ya, semoga tahun ini dan selanjutnya keindahan alam tetap dijaga dari polusi wisata.

Untuk makan malam, karena kehabisan Mak Syukur, kami akhirnya makan Sate Padang di Sate Biaro Nan Lamo.

Mumpung di Padang, makan keripik balado sepuasnya

Setelah istirahat sejenak di rumah, kami menghabiskan malam tahun baru di Jam Gadang.

Jam Gadang saat kami disana, masih ditutup untuk umum karena renovasi. Nantinya akan dilengkapi air mancur, lampu lampu, dan pusat aktifitas lainnya.

Memang tidak ada acara apa pun yang digelar pemerintah setempat dalam menyambut Tahun Baru. Warga hanya ramai berkumpul di area Jam Gadang. Bahkan, waralaba sekitarnya pun sudah menutup tokonya sebelum jam 12 malam.

Hari 5 (Selasa, 1 Jan 2019)

Sarapan pertama kami di 2019 adalah Pical Sikai.

Yang juara disini adalah bumbu Gado gado dan Lupisnya.

Sehabis sarapan, kita berkunjung ke Istana Pagaruyung.

Di dalamnya berisi Museum tempat peninggalan sejarah & Baju Adat yang bisa disewa

Terakhir kesini, saya hanya bisa foto foto di luar. Waktu itu, Istana Pagaruyung ditutup untuk renovasi paska terbakar disambar petir.

Makan malam kami adalah Sate Padang Saiyo, yang letaknya persis disebelah Sate Mak Syukur yang lagi lagi sudah habis.

Kuahnya light, kari-nya ngga terlalu tajam

Yang juara disini, Opak Pedas & Jangek Jumbo

Malamnya, kami sempat hunting Durian yang dijajakan memakai mobil di Pasar Bawah.

Duren Medan emang juara deh

Hari 6 (Rabu, 2 Jan 2019)

Kali ini sarapan di Ayang Pical, yang letaknya tidak jauh dari Pical Sikai sebenarnya.

Saya pribadi lebih suka Pecal Ayang, karena menunya lebih komplit. Dan Katupek Sayurnya sudah siap dari pagi. Tapi menu yang rekomen disini adalah Nasi Sup. Nasi Sup lebih mirip Sup Daging sebenernya. Kuahnya bening segar, dan isiannya pun komplit dan melimpah.

Tujuan wisata hari ini adalah Danau Maninjau. Menuju kesana melewati kelok 44 yang fenomenal itu. Alhamdulillah saya survived tanpa jackpot. Pertama kali kesini, semua orang di Bukittinggi bilang ngga ada orang yang ngga muntah kalo melewati Kelok 44. Nyatanya biasa aja tuh, malah saya sukses tidur pulas.

Cuma sebentar disini, karena tempatnya biasa aja dan sepi. Wisata berikutnya adalah Lawang Park.

Lawang Park ini saya rekomendasikan, karena pemandangannya bagus banget. Apalagi belum terpolusi sama spot selfie buatan manusia. Hasil berfoto disana dijamin backgroundnya seperti lukisan. Dan begitu tempat itu mulai ditutupi kabut, pemandangannya beneran kaya negeri di atas awan.

Sempet makan siang disini, dipilih karena sudah laper dan nemunya ini.

Setelah itu kita melanjutkan perjalanan menuju Padang. Mampir sebentar untuk belanja oleh oleh di Cristine Hakim.

Sempet beli Bumbu Rendang instan buatan lokal yang lumayan otentik

Lanjut untuk ngemil sore di Ganti Nan Lamo.

Iko Gantinyo seberangan sama Ganti Nan Lamo

Waktu kita tanya sama Tukang Parkir mana yang aseli, disebut Ganti Nan Lamo. Dan memang restonya lebih ramai sih.

Daftar Menu & Harga Ganti Nan Lamo 2019

Es Durian nya hadir dengan Duren yang sudah di blender lembut. Padahal lebih suka tekstur duren aslinya. Menurut saya malah lebih rekomen Pempek Palembang nya. Platingnya paling bagus dari semua Pempek yang pernah saya makan. Ikannya berasa, cukonya mantap, dan porsi besar bisa untuk 2 orang. Ponakan juga pesan Sate Padang, dan menurut dia rasanya manis.

Malamnya sempat naik ke Jembatan Siti Nurbaya yang ternyata biasa aja. Setelah itu kami kembali ke Bukittinggi.

Hari 7 (Kamis, 3 Jan 2019)

Sarapan kami dijamu oleh kerabat Suami. Sesuai tradisi, jika ada yang datang ke Kampung, semua kerabat akan mengundang makan ke rumah.

Jamuan Makan ala Lesehan

Setelah itu kami ke Pasar Atas membeli oleh oleh. Singgah juga di Kapuyuak yang menjual kaos dengan tulisan humor khas Minang.

Sungguhlah kami ngga nyesel belanja disini. Bahannya enakeun, harga juga ngga terlalu mahal. Desainnya juga macem2 dan simpel.

Malamnya kami hunting Oleh oleh lagi di Payakumbuh, yang ternyata harganya hampir 3x lipat lebih MURAH dari yang dijual di toko Oleh Oleh terkenal.

Enaknya lagi, kalau beli banyak bisa langsung dikirim via Kargo dari Toko. Saya menggunakan Kargo ‘AWR’,karena sudah langganan dan lokasinya dekat dengan tempat kerja. Untuk pengiriman ke rumah, bisa juga menggunakan Indah Cargo.

Makan siang, makan malam dan sarapan kami esok hari masih keliling di rumah Saudara Suami. Sebagai wanita Jawa saya hanya berdoa, semoga Tuan Rumah diberi kelapangan rezeki karena sudah menyediakan makanan komplit untuk banyak orang.

Hari 8 (Jumat, 4 Jan 2019)

Sarapan kami hari ini di rumah kerabat ada kejutan karena Tuan Rumah menyediakan Mie Instan disamping lauk Padang lainnya. Yang tentu saja disambut gegap gempita oleh kami yang merindukan.

Rencananya, sehabis Jumatan kami akan bertolak ke Palembang untuk bermalam sehari.

Untuk bekal di jalan, kami sudah membungkus Nasi Kapau Uni Ca.

Bungkusannya besar dan khas (DD for Dendeng Batokok)

Sampai di Palembang sore hari, dan kita langsung menuju Hotel Batiqa untuk check in.

Hotel Batiqa adalah Hotel Bintang 3 di pusat kota Palembang. Letaknya strategis, dekat dengan minimarket, sebelah persis adalah RM Padang yang buka sampai malam, sederetan dengan Pempek Candy dan resto Pempek rumahan. Walaupun tidak ada fasilitas Kolam Renang, tapi wifi cukup lancar.

Setelah mandi dan istirahat sejenak, kami keluar untuk makan malam di Pindang Musi Rawas.

Srikayanya juara!

Walaupun yang terkenal Pindangnya, namun saya lebih suka Pentol Gabus dan lalapannya. Bahagia rasanya ketemu sayuran mentah segar beraneka macam, yang unik bahkan disajikan Jantung Pisang rebus dalam lalapannya.

Malamnya kami tutup dengan mengunjungi ikon Palembang.

Bahagianya warga Palembang, punya tempat berkumpul dan sarana melepas stress yang murah meriah.

Hari 10 (Sabtu, 6 Jan 2019)

Hari ini dimulai dengan brunch di Pindang Sophia setelah kemarin kehabisan.

Yang jadi rebutan disini adalah menu Lobsternya.

Banyak menu sayurannya juga disini. Untuk harga Lobster berkisar 90rb – 120rb tergantung ukuran.

Lanjut untuk mengunjungi Masjid Cheng Hoo yang menurut saya ‘girly’ karena warnanya didominasi Pink.

Setelah itu kami menjajal LRT. Kami naik dari Stasiun Bumi Sriwijaya yang lokasinya di area Palembang Ikon.

Untuk naik LRT Palembang, harus menggunakan e-money dengan tarif 5rb/trip. Tujuan kami adalah Stadion Jakabaring.

Situasi LRT saat weekend lumayan ramai oleh penduduk lokal. Di stasiun dan beberapa gerbong udaranya cukup ‘hangat’. Mungkin karena AC tidak cukup menghalau cuaca panas dari luar.

Cuaca terik juga yang membuat kita membatalkan kunjungan ke Stadion Jakabaring. Apalagi ternyata letaknya cukup jauh dari Stasiun.

Setelah kami balik lagi ke Mall Palembang Ikon tempat mobil diparkir, maka dimulailah wisata kuliner Palembang kita.

Perhentian pertama adalah Pempek Saga Sudi Mampir.

Lanjut ke Pempek Vico, yang terkenal karena Es Kacang Merah dan Cukonya yang mantap. Disini kami hanya take away Esnya dan beli oleh oleh Pempek.

Kemudian dilanjutkan makan Mie Celor.

Kami sempat membeli Pempek Dos di Pasar Ilir untuk Oleh oleh. Dan tak lupa kami mencicipi Martabak Har.

Menurut saya harga makanan di Palembang lumayan mahal. Martabak Spc Daging Har dihargai 65rb, walau memang rasanya enak banget.

Sekitar jam 23.30 kami mengarah ke Lampung untuk kemudian pulang ke Jakarta.

Hari 11 (Minggu, 7 Jan 2019)

Tiba di Lampung sekitar pukul 09.45, sebelum menyeberang kapal, kami sarapan dulu di Bakso Sony.

Menurut saya Baksonya biasa aja ya, malah cenderung kasar. Mie Ayamnya enak, tapi porsinya kecil sekali.

Demikianlah petualangan dan pengalaman wisata dan kuliner saya di Sumatera. Semoga bisa menjadi referensi anda dalam merancang perjalanan.

The Grief

When I lost my father. Everything’s changed. I am no longer who I am.
Its like carrying a pain in a deep soul for a life time. And there’s no way to heal it. Even small things could lead to memories about him.
When He passed away, I was shocked that death was that near. It makes me think the world is no longer that worthy.
I used to have a lot of things to be asked. So I read different prayers in my last sujood. But the only thing to read is only for my Parents, now. I couldnt ask for more. God already gives me more than I could possibly get.
Dear God, Thank YOU for this beautiful ending. Thank YOU for choosing Jumuah for him. Thank YOU for the time we spent together in his last time.
Alhamdulillah.